News 2023

Kami akan mengupdate informasi terbaru seputar LSP KPTK dan lainnya. Jika ada pertanyaan atau disinformasi berita silahkan hubungi kami di lsp@kptk.or.id

08 Desember 2023

Sebuah momen bersejarah terjadi pada tanggal 5 Desember 2023, di Kantor Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) di Gowa. Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Syamsi Hari, S.E., M.M, yang baru saja dilantik oleh Menteri Ketenagakerjaan RI pada 13 November 2023, menyerahkan secara resmi sertifikat relisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2 BPPMPV KPTK kepada Ketua LSP, Yopi Sopian, S.T., M.Pd.

Proses penyerahan ini turut disaksikan oleh sejumlah pejabat penting dalam dunia pendidikan vokasi, termasuk Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc., Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Saryadi, S.T., MBA, Direktur SMK, Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., serta Kepala BPPMPV KPTK, Lismanto, S.A.P., M.Si., dan sejumlah tamu undangan yang menghadiri Gelar Karya KPTK 2023.

>>>Selengkapnya

26 November 2023

Sebuah langkah besar telah diambil oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2 BPPMPV KPTK untuk memperkuat jajaran tenaga ahli sertifikasi profesi di bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi. Dari tanggal 20 hingga 24 November 2023, sebanyak 24 calon asesor kompetensi mengikuti pelatihan intensif yang dipandu oleh pengajar berpengalaman dan master asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yaitu Bapak Karyaman L. Bumbungan, dan Bapak Syairuddin Abdullah.

Pelatihan ini melibatkan serangkaian sesi yang mendalam, mencakup pemahaman mendalam tentang standar kompetensi, teknik penilaian yang akurat, penyusunan perangkat uji kompetensi, hingga strategi komunikasi efektif dalam proses sertifikasi. Para calon asesor tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga mendapat wawasan praktis dari pengalaman langsung pengajar yang telah teruji.

>>>Selengkapnya

26 November 2023

Dalam sebuah langkah positif untuk memastikan kualitas dan relevansi pendidikan vokasi di Indonesia, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah naungan Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) terus memainkan peran utama. LSP tidak hanya menjadi lembaga yang menyelenggarakan sertifikasi kompetensi, melainkan juga menjadi pilar penting dalam membangun jembatan antara dunia pendidikan vokasi dan tuntutan industri.

Fokus pada pengembangan standar kompetensi yang relevan, LSP P2 BPPMPV KPTK telah berhasil menyusun panduan mutu dan SOP yang menjadi acuan bagi Balai dalam merancang kurikulum dan program pelatihan. Standar ini tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga keterampilan praktis yang diinginkan oleh industri di sektor yang relevan dengan bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi.

>>> Selengkapnya

31 Oktober 2023

Sebelumnya sebanyak 16 skema sertifikasi LSP KPTK sudah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Nomor 119/D/M/2022 pada Tanggal 23 November 2022.  Kemudian terdapat penambahan dua skema sertifikasi yaitu Juru Mudi/AB Seaman dan Pengajar Vokasi, sehingga total 18 skema sertifikasi sebagai perluasan ruang lingkup sertifikasi baru di LSP KPTK. Penambahan ruang lingkup ini disertai oleh relisensi LSP KPTK pada Tahun 2023. Kegiatan relisensi merupakan kegiatan LSP dalam rangka memperpanjang atau memperoleh kembali lisensi yang pernah diperoleh dari BNSP.

Pada 15-18 Oktober 2023 bertempat di Hotel Teraskita Makassar, Tim LSP KPTK melaksanakan kegiatan finalisasi Materi Uji Kompetensi (MUK) dan penyusunan dokumen relisensi LSP. Hal ini perlu dilaksanakan sebelum dilakukan visitasi oleh BNSP pada kegiatan Full Assessment dan Witness Skema Sertifikasi baru di LSP KPTK.

>>>Selengkapnya